Klik DisiniDukung Kami & Dapatkan Souvenir Menarik.

Jenis-Jenis Penghapus Untuk Menggambar

Zaman sekarang jenis penghapus memiliki beragam macam dan bentuk. Inovasi perusahaan penghapus begitu beragam, mulai dari bahan yang digunakan sampai bentuk penghapus memiliki beragam fungsi dan manfaat. Supaya kita tahu apa saja jenis-jenis penghapus mari kita simak ulasan dari kami.

 

  1. Penghapus Raber

jenis penghapus raber

Pada umumnya penghapus ini bisa kita temui di ujung bagian atas pensil yang biasanya berwarna orange atau merah bata. Tapi sekarang yang saya lihat warnanya begitu beraneka ragam. Jenis penghapus ini sangat cocok dipakai untuk menghapus pensil (grafit/graphite) di atas kertas. Cara kerja penghapus ini dengan cara menggerus penghapus yang berbahan raber kemudian mengangkat pigmen dari permukaan. Penghapus ini tidak akan merobek kertas kecuali digunakan terlalu agresir, contohnya menghapus secara berulang dan melakukan tekanan berlebih saat menghapus. Harganya yang sangat murah meriah penghapus ini banyak digunakan oleh anak-anak sekolah, harganya mulai Rp. 1000.

 

  1. Penghapus Karet

jenis penghapus gambar

Penghapus ini sering disebut juga penghapus Art Gum (art gum eraser), ini dikarenakan produk penghapus dari merk Prisma Color yang diberi nama Art Gum. Jenis penghapus ini juga terbuat dari karet, tetapi bahan karet yag digunakan lebih lembut dari penghapus raber. Penghapus ini sangat nyaman digunakan dikertas, jarang sekali penghapus ini dapat merusak kertas meski kita menghapus dengan tekanan yang agresif. Biasanya penghapus ini berwarna semi coklat dan ada juga yang transparan. Salah satu kelemahan penghapus ini adalah gampang tergerus oleh kertas saat digunakan, sehigga penghapus ini sangat cepat habis, namun nyaman digunakan.

 

  1. Penghapus Kneaded / Penghapus Uli

penghapus Kneaded Rubber

Dari bahasa asalnya kneaded berati menguli, meremas, mengadon, melenyeh. Sesuai dengan namanya penghapus ini bersifat lembut dan lembek mudah diremas dan bisa dirubah bentuk/fleksibel. Penghapus ini sama sekali tidak merusak permukaan kertas, karena cara kerja penghapus ini bukan menggerus melainkan dengan cara menempelkan penghapus uli diatas gambar sehingga mengangkat partikel grafit dan tanah liat ditarik oleh adonan karet. Penggunaan penghapus ini bisa lebih akurat saat ingin menghapus gambar. Kelebihan penghapus uli ini adalah tidak meninggalkan sisa penghapus, karena cara kerjanya yang berbeda dengan penghapus karet.

Baca:   Belajar Menggambar Karikatur Lombok Abang

 

  1. Penghapus Vinyl

jenis penghapus vinyl

Jenis penghapus ini terbuat dari bahan vinyl/vinil biasanya disebut juga dengan nama penghapus plastik. Jika penghapus ini tidak digunakan dengan benar maka bisa merusak permukaan kertas, cara kerja penghapus ini dengan cara menggerus. Kelebihan penghapus ini bisa membersihkan gambar pada kertas secara bersih. Tips menggunakan penghapus ini dengan cara tidak terlalu menekan penghapus saat ingin menghapus gambar. Warna penghapus ini biasanya putih namun sekarang warnanya sudah beraneka warna

 

  1. Penghapus Bentuk Pensil (Erasil)

penghapus berbentuk  pensil

Jenis penghapus ini persis dengan bentuk pensil, jika pensil dibagian tengah ada kandungan grafit (graphite) atau pigmen warna, maka bagian tersebut digantikan dengan bahan penghapus. Bianya penghapus berbentuk pensil ini didalamnya terbuat dari bahan vinyl. Kelebihan penghapus ini bisa menghapus detail pada gambar, sangat cocok sekali untuk membuat mata, bibir, rambut dan untuk membuat efek pencahayaan pada benda. Ada kelebihan tentu juga ada kekurangan, salah satu kekurangan dari penghapus ini adalah sisa pigmen atau grafit mudah menempel pada ujung penghapus seingga ketika akan digunakan kembali akan membuat kotor permukaan kertas.

 

  1. Penghapus Pena

penghapus pena lyra derwent

Ini adalah penghapus yang sering saya gunakan, bentuknya seperti pena dan dapat disi ulang sehingga disebut penghapus pena. Isi ulang penghapus ini bisa dibeli secara terpisah, sehingga kalau anda kehabisan isi penghapus anda bisa membelinya kembali, dan penghapus pena bisa digunakan kembali. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 per- set. Penghapus ini juga dapat menghapus detail khusu, meskipun ujung penghapus ini tidak setajam penghapus pensil, tapi sudah cukup untuk menghapus detail gambar. Ujung pensil ini tumpul masih tajam penghapus elektrik, ini karena penghapus pena silindernya lebih besar.

Baca:   Belajar Menggambar Wajah Pak Raden Menggunakan Pensil HB

 

  1. Penghapus Elektrik

 

penghapus elektrik derwent

Penghapus ini sama seperti penghapus pena, bisa diisi ulang dan bisa untuk menghapus detail gambar. Perbedaan khusus dari penghapus pena, sesuai namanya penghapus elektrik mempunyai mesin dinamo yang bergerak memutar sehingga saat menghapus kita tidak perlu melakukan gesekan pada kertas hanya perlu menggerakkan penghapus dan diarahkan pada gambar yang ingin dihapus. Kekurangan penghapus ini adalah berat karena ada dinamo dan baterai, anda perlu mengganti baterai jika dinamo sudah tidak berputar. Harganya sekitar Rp. 80.000 saya kira kurang ekonomis untuk kita yang akan belajar menggambar, saya kira kita juga perlu mencoba penghapus ini ya gaeess heee……

Dari berbagai macam penghapus diatas kita sudah tidak bingung lagi ketika akan memilih penghapus, untuk memperoleh perbedaan masing-masing penghapus kita perlu mencobanya satu-persatu. Demikianlah jenis-jenis penghapus yang bisa saya sampaikan, semoga bahasan kali ini bisa bermanfaat dan berguna dalam belajar menggambar. Silahkan mencoba dan mari berdiskusi disini. Salam sema